Kamis, 14 Juli 2011

SISTEM SAPA'AN DALAM BAHASA BIMA DENGAN MENGGUNAKAN KATA MADA,ITA DAN NAHU



Kata Mada,Ita dan Nahu berasal dari daerah Bima.biasa kata tersebut sebagai tegur sapa’an mereka dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ketiga kata ini memiliki ke unggulan tersendiri didalam beragam bahasa. sehingga sangatlah bagus untuk dibicarakan dalam keseharian oleh dana Mbojo. disisih lain penulis akan mencoba mengambangkan ketiga konsonan kata tersebut.

1.      Devinisi kata Mada dan Ita
Mada dan Ita merupakan salah kata yang sering dibicarakan oleh anak dibawah umur terhadap orang yang lebih tua oleh dana Mbojo. Kata Nahu dan Ita memberikan suatu spesifikasih yang sangat bagus dalam beragam bahasa.sebab konotasi katanya sangatlah bagus dan sopan. justeru kedua kata ini memberikan motivasi dan mengarahkan mereka dalam keterampilan berbicara. Dalam keterampilan berbicara, seorang anak harus memiliki kemampuan yang relavan dan peranan mereka dalam kehidupan dimasa mendatang. Ini menjadikan salah satu intelektual seorang anak bagaimana mengucapkan beberapa kata secara efektif untuk memberikan pengetahuan dan arahan terhadap orang lain.

Di bawah tabel ini ada beberapa contoh kalimat dengan menggunakan kata Mada dan Ita :
Ø  Contoh kalimat kata Mada :  
Dialog : 1. Anak : Uba mada neé lao tana’a aka uma lenga ta?         
                 Ayah  : Tana’o kataho ro.aina mpa’a lone.           
                 Anak : Uba, santabe ta mada malao wa’u.           
                 Ayah : io ra ana,lampa kanari-nari dei ncai.          
                 Anak : io ta uba.
Ø  Contoh kalimat kata Ita :       
Dialog : 1. Anak : Uba, ita ta tiwara lao kaita naisi ?
                                  Ayah : wati !, baure na?
                                 Anak : wara sura ita ta ,kadeé pengumuman lulus mada ta  naisi.
                                 Ayah : iora, nahu malao naisi.

 Tabel.1 Gambar contoh seorang anak berdialog dengan orang tuanya
 Dialog pada gambar 1 diatas,antara seorang anak dengan ayah nya. Keterampilan seorang anak dalam berbicara tersebut,salah satu contoh bagaimana berbicara yang baik sebagai anjuran penggunaan kata atau istilah  dalam berbahasa. Ini menjadikan momentun untuk instruksionalitas seorang anak dalam keterampilan berbicara. Anak tidak hanya memiliki potensi mengembangkan diri dalam berbicara,tapi memiliki kemampuan yang relatif seperti intelektual question,spritual question,dan emosional question sebagai doranganNya.          

1.      Istilah  Mada dan Ita
v   Mada 
   Mada dalam istilah bahasa Indonesia memiliki banyak arti seperti kata “ Saya dan Aku”.dimana kedua kata tersebut merupakan kata ganti orang pertama. Dalam suatu bahasa,berbicara kata mada sangatlah relatif. Sebab diberbagai daerah memiliki arti tersendiri. Contohnya didaerah Lombok Mada dalam arti “Tiang”,sedangkan dalam bahasa Jawa Mada “Niku wonte”. Penggunaan kata sangatlah bijak. Selanjutnya bila kita amat secara teliti dalam menyajikan sebuah kata mada dibutuhkan pemahaman secara (sistematika).

     Kemudian kata saya berasal dari kata “sahaya” yang berati merendahkan diri. dimana kata “Saya”bisa juga “Aku”. “Saya dan Aku” ialah dua kata yang mempunyai arti yang sama. Kata "Aku" biasa digunakan dalam hubungan yang sangat dekat seperti pacar atau keluarga, dan lain-lain. Namun demikian kata ini juga lazim digunakan pada daerah-daerah tertentu walau hubungan si pembicara dan lawan bicara tidak terlalu dekat. Sedangkan "saya" lebih formal dan sopan dibandingkan dengan "aku". biasanya "aku" lebih banyak digunakan dalam bahasa pergaulan (komunikasi dengan lawan bicara sebaya).

v  Ita 
Di lihat dari kata Mada (saya) diatas. Konsonan Ita hampir memiliki persamaan dalam kosa kata tersebut. Ita jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki beberapa arti seperti “Anda dan Kamu”. Dimana Ke-dua konsonan kata ini merupakan kata ganti orang ke-dua. Sebaliknya konsonan kata ita bisa juga diartikan “Kau,Engkau,” yang berarti kata ganti ke dua jamak. Kata Anda dan Kamu memiliki arti yang sama. Kata” Anda” bersifat formal dan sedangkan kata “Kamu” bersifat informal. Biasanya kata Anda dipergunakan ketika kita berbicara dengan orang yang baru kita kenal,maupun orang yang lebih tua dari kita dan lain-lain. Sebaliknya dengan kata “Kamu”,bisa dipakai untuk berdiskusi dengan teman atau orang yang lebih muda dari pada Anda.

        Di atas telah digambarkan sekilas membahasan tentang perbedaan antara “Mada (Saya) dan Ita (Anda). disini  seorang anak,ketika berbicara dan berintraksi dengan orang yang lebih diatas umur mereka hendaknya memilik potensi dan kemampuan dalam pengembangan berbahasa.terutama bagaimana mereka memilih beberapa konsonan kata yang tepat ketika berbicara.karena itu sangatlah mendukung seorang anak dalam mengembangkan potensi bagaimana mengapresiasikan diri dalam berbicara dengan lawan bicara,lalu bagaimana mereka menghargai orang yang lebih tua. Dan sebaliknya dengan orang yang dewasa. Seorang dewasa harus mampun mengendalikan pembicaraannya. Misalnya seperti mereka dalam keadaan emosional,sifat dan hal semacam ini harus dihindarkan. Sebab gaya pembicaraan tersebut,bisa terpengaruh terhadap anak lawan bicara itu sendiri. Jadi mental seorang anak akan turun.


B. Bagaimana mengarahkan kata Nahu dengan tepat    
       Kata Nahu sering diungkapkan orang dewasa dari Mbojo terhadap seorang anak dibawah umur. Maupun sebayang. Nahu bersifat formal,informal dan non formal. Sebab dilihat dari struktur dan istilah bahasanya memiliki banyak arti yaitu “Saya,Aku,Diriku dan Gue”.dimana diantara gaya bahasa yang tepat digunakan dalam bahasa Indonesia yang benar dan baik hendak menggunakan kata “saya”. Karena bersifat formal. Bukan berati “Aku” tidak gunakan dalam berkomunikasih. Apalagi gaya bahasa dan struktur kata seperti “Diriku dan Gue”.ini sangat tidak lazim sekali dibicarakan. Karena konotasi
katanya sangat tidak sopan.      

Konon,dierat zama sekarang penggunaan konsonan kata “Gue dan Diriku” sering dikomunikasihkan dalam kehidupan bermasyarakat. Padahal dilihat dari struktur bahasa-nya sangatlah tidak lazim sekali dipergunakan. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Dan ini menibulkan suatu pertanyaan.
Pantaskah bahasa seperti ini kita gunakan sebagai bahan pembicara dalam kehidupan sehari-hari?. Nah, ini kembali kepada kita semua.       

Demikian kata Nahu, kata Nahu sering dipergunakan anak muda dari bima saat berbicara dengan orang diatas umurnya . Padahal bahasa dipergunakan tidak sopan. Dalam istilah Bima (mbojo) bahasa” wati tahona de kade’e”. Selain dari kata tersebut        ada juga melontarkan kata “Nggomi”, ini bahasa yang paling tidak sopan dipergunakan seorang anak terhadap pembicara yang lebih dewasa. Istilah bahasa “Nggomi” dalam bahasa Bima artinya “bahasa da bae labo kura ngajar”.

Di bawah ini akan dibahas beberapa penggunaan kata Mbojo yang sopan dan benar. Contoh : Kata yang tepat yang dibicarakan seorang anak yang diatas umur.  Seperti Mada (saya),Ita (anda),dan Aba (abang). Sedangkan bagi  orang yang lebih tua : Nahu (saya),Nggomi (kamu),Ari(adek).                                                

Penggunaan kata Nahu oleh orang yang dewasa.biasannya dipergunakan anak yang dibawah umur. Justeru seorang anak ketikan mengucapkan konsonan semacam itu. Wajib meluruskannya. Sebab struktur dan pola keterampilan dalam berbicaranya sangat tidak asing diperdengarkan. Hal ini,orang tua hendaknya mendidik anak untuk berlatih keterampilan berbicara sejak usia dini.karena sangat mendorong mereka untuk berinisiatif saat berkomunikasih dimana pun mereka berada. Apalagi saat sekarang banyak menggunkan sistem belajar yang sangat relatif. Seperti ikut bimbel,maupun disekolah. Tapi,yang lebih mendorong mereka dalam megembangkan idealis dan kemampuan berbiara itu dalam lingkungan kelaurga itu sendiri.

PENULIS : UDIN SAPE BIMA
Jum’at Tanggal 03-06-2011
Jalan Majapahit No. 62 Kekalek Jaya Pelor Mas 2 No.29

3 komentar:

  1. Bgus bagus bagus..
    biar kita bsa memahami bhsa Bima biar lebih sopan ngomong.a nnti.. hehe :)

    BalasHapus
  2. Siiipppp,,,Thanks ya ???? semoga dengan tulisan ini ada manfaatnya untuk kita semua.....

    BalasHapus
  3. MANTAP..,BISA POSTING LBIH BANYAK LGI NGAK.....
    PENGEN BELAJAR LAGI ,,HEHE

    HMM ,, AKU JUGA BARU POSTING BELAJAR BAHASA MAKASSAR KLW KAWAND2 BERMINAT ,,,, BACA AJA

    http://bahasamakassarlengkap.blogspot.com/

    BalasHapus